Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Avarage rating app 5/5. Vote count: 32.186

Memilih Investasi Saham yang Halal Bebas Riba

Memilih Investasi Saham yang Halal Bebas Riba sebagai bentuk tabungan yang lebih menguntungkan untuk anda. Kebiasaan menabung adalah kebiasaan yang baik, tetapi menabung saja tidak cukup untuk membantu Anda mencapai tujuan keuangan yang ada, seperti membeli rumah baru, mobil baru, haji, atau dana pensiun. Untuk itu, Anda bisa mencoba investasi syariah yang bebas riba dan sesuai dengan ajaran Islam.

Investasi Saham yang Halal

Dengan Investasi Saham yang Halal Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih baik serta meningkatkan pahala dengan beberapa jenis investasi syariah. Pilihan pertama adalah deposito syariah sebagai langkah awal anda untuk memulai investasi syariah.  Konsepnya sendiri mirip dengan tabungan pada umumnya, yaitu menaruh sejumlah uang pada bank. Bedanya, deposito syariah menggunakan akad mudharabah yang memberikan bagi hasil (rasio) daripada bunga.

Ketika Anda membuka rekening deposito syariah, Anda juga membuka perjanjian dengan pihak bank mengenai nisbah yang akan mereka berikan pada akhir periode deposito. Misalnya Anda dan pihak bank menyepakati rasio 60:40, yang mana nantinya Anda sebagai nasabah akan mendapatkan porsi 60% dari hasil, sedangkan pihak bank akan mendapatkan porsi 40% dari hasil  investasi syariah.

Banyak orang enggan memulai investasi syariah karena takut menginvestasikan uangnya pada hal-hal yang tidak terlihat. Anda bisa memilih emas sebagai alat investasi syariah. Pada beberapa negara, fungsi emas termasuk sebagai nilai tukar justru bertentangan dengan syariat Islam. Berbeda dengan Indonesia, menabung emas sendiri sudah masuk kategori halal oleh Majelis Ulama Indonesia.

Jenis investasi syariah ini sudah populer karena pergerakan harganya yang stabil.Anda sekarang dapat menyimpan emas secara online tanpa perlu repot menyimpan emas batangan pada brankas. Melalui platform online, Anda dapat menyimpan emas hingga memiliki cukup dana untuk membeli satu gram emas. Dengan kemajuan teknologi saat ini membuat banyaknya pilihan investasi yang dapat anda pilih dengan tingkat keamanan yang jelas.

Investasi syariah memberikan manfaat untung besar, tetapi masih banyak orang yang ragu berinvestasi karena takut riba. Modern ini telah tersedia investasi syariah yang memberikan bagi hasil besar tapi tetap mengikuti syariat agama. Investasi syariah adalah investasi yang ketentuan aturan berdasarkan syariat Islam yang mana sektor pasar modalnya adalah produk halal. Dana investor tidak ada pada perusahaan yang menjual makanan non halal, minuman keras, dan rokok.

Bagaimana pemerintahan berperan dalam mengatur produk dan alat investasi syariah sesuai prinsip syariah?

 

Menurut fatwa badan pemerintahan terkait Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI sejauh ini DSN MUI telah mengeluarkan fatwa Pasar Modal dan Pedoman Umum Penerapan Prinsip Syariah yang menjadi landasan hukum investasi syariah.

Fatwa yang telah terbit bertujuan agar umat Islam merasakan manfaat investasi syariah seperti bebas riba, tidak mengandung unsur gharar dan maysir hingga kepastian karena akad. Cara kerja investasi syariah dan konvensional berbeda. Investasi syariah menggunakan sistem akad yang mengandung aturan mengenai perjanjian atau kesepakatan, baik dari satu pihak maupun kedua belah pihak yang berkomitmen dengan nilai-nilai syariah.

Akad Investasi Saham yang Halal merupakan keterkaitan antara ijab dan qobul. Ijab yaitu pernyataan pihak pertama yang memiliki keinginan untuk berinvestasi, sedangkan qobul yaitu jawaban terhadap ijab atas pihak penerima modal, meliputi tiga akad yaitu Bakal Kerjasama (Musyarakah), Sewa menyewa (Ijarah), dan Bagi hasil (Mudharabah).

Posting Komentar untuk "Memilih Investasi Saham yang Halal Bebas Riba"