Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham

Meski sama-sama bermain saham dan bertujuan menambah pundi-pundi kekayaan, nyatanya trading dan investasi merupakan dua hal yang sangat berbeda. Ini bisa menjadi catatan penting bagi Anda untuk menentukan mana yang sesuai dengan preferensi dan kemampuan.



Trading dan Investasi, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Ada baiknya sebelum membicarakan cuan, Anda memahami terlebih dahulu letak perbedaannya. Ketika Anda tidak paham, bukan keuntungan yang didapat malah rugi. Karena itu, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu beda trading dan investasi.

Jangka Waktu

Perbedaan mendasar keduanya terletak pada jangka waktu. Investasi merupakan kegiatan membeli saham, kemudian disimpan dan dijual dalam kurun waktu yang cukup lama bisa hingga beberapa dekade, serta tidak peduli fluktuasi harga.

Sementara trading, dilakukan jangka pendek, hanya hitungan minggu, hari, jam, bahkan menit. Ketika harga jual lebih tinggi dari harga beli, maka akan segera dijual. Dengan keuntungan 15% pun sudah puas.

Risiko

Ada 2 risiko investasi saham yang mengintai. Pertama, capital loss, ketika harga beli lebih rendah saat dijual kembali. Kedua, likuiditas, artinya perusahaan bangkrut atau dibubarkan. 

Risiko trading saham terjadi karena pergerakan pasar yang sulit diprediksi. Contoh, Anda membeli saham bernilai tinggi saat harga turun dan diprediksi akan naik. Akan tetapi, karena situasi politik harga saham terus turun dan tidak mengalami kenaikan.

Strategi

Baik investasi atau trading membutuhkan strategi. Investasi menekankan pada saham emiten dengan kualitas kerja, fundamental, serta pembagian dividen. Untuk mencari aman, biasanya saham yang dipilih adalah saham lapis pertama (blue chip) karena risiko relatif rendah.

Sedangkan trading lebih kepada pergerakan dan kondisi pasar. Misal, saat pasar saham mengalami penurunan, trader akan menahan diri sampai kondisi normal. Trader juga tidak akan menahan saham dalam waktu lama.

Setelah membaca ulasan di atas lantas Anda bertanya, lebih baik baik mana antara investasi dan trading. Well, semuanya tidak ada yang buruk, yang terpenting sesuaikan dengan kondisi finansial. 

Jika ingin menyimpan untuk masa depan silahkan pilih saham. Namun, jika ingin mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu singkat, bisa coba trading. Pastikan Anda memahami dan tidak mau membuka wawasan mengenai dunia saham.