Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Trading Bitcoin untuk Pemula

Bitcoin menjadi salah satu aset trading yang banyak diminati saat ini. Transaksi jual beli bitcoin dianggap menguntungkan, bahkan semakin banyak yang beralih dari aset forex ke bitcoin. Tak sedikit pula para trader pemula yang saat ini mulai tertarik untuk mendalami bitcoin demi mendapat untung optimal.


Belajar Bitcoin untuk Pemula

Tentu saja tak mudah bagi pemula untuk mengambil langkah di dunia trading. Apalagi untuk jenis trading bitcoin yang cukup menantang dan harus sangat hati-hati. Berikut ini adalah beberapa cara trading bitcoin yang bisa dijalankan oleh para pemula:

1. Cari Tahu Risiko Bitcoin

Langkah pertama untuk bisa trading aset bitcoin, cobalah untuk memahami dulu risikonya. Sebenarnya cara ini tidak hanya berlaku untuk trading bitcoin namun juga jenis trading lainnya. Kenali dulu apa risikonya sehingga nanti siap untuk menghadapi berbagai kemungkinan selama menekuni trading.

2. Mulai dengan Modal Ringan

Para pemula sangat disarankan untuk memulai trading bitcoin dengan nilai modal yang ringan. Lakukan peningkatan nilai modal secara bertahap ketika sudah mulai mendapatkan profit. Gunakan modal yang dimiliki sebaik mungkin dan pikirkan matang-matang sebelum mengambil langkah apapun.

3. Fokus ke Jangka Panjang

Banyak sekali trader yang bermain bitcoin dalam jangka pendek. Sebaiknya cara ini tidak diterapkan dulu oleh para pemula. Pemula disarankan untuk fokus ke prospek jangka panjang. Hal ini dilakukan agar pemula bisa lebih hati-hati dalam mengambil keputusan trading dan tidak panic buying maupun panic selling.

4. Lakukan Diversifikasi Aset

Jangan meletakkan semua uang untuk membeli satu aset yang sama. Sangat disarankan untuk melakukan diversifikasi aset crypto, tidak hanya dalam bentuk bitcoin. Strategi diversifikasi ini sangat efektif untuk memperkecil risiko kerugian yang harus ditanggung. Selain itu nilai keuntungan yang diperoleh juga bisa lebih besar dengan strategi ini.

Trading bitcoin memang bisa dipelajari secara efektif oleh para pemula. Namun, sebelum memulai trading pastikan bahwa semua prinsip trading dan pengetahuan aset bitcoin ini sudah dipahami dengan baik. Tetap berhati-hati dan pikirkan semua langkah yang akan diambil secara cermat.