Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan Trader Pemula Ini Sering Dilakukan

Bila Anda termasuk baru dalam dunia investasi saham pastinya merasa bersemangat dalam melakukan aktivitas tanam saham ini. Apapun yang berkaitan dengannya pasti akan dilakukan. Namun, banyak diantara pendatang dan mungkin Anda, sering tidak merasa bahwa kesalahan trader pemula kerap kali dilakukan. 


Apa saja daftar kesalahan yang sering tidak disadari tersebut? cek selengkapnya di sini;

1. Kurangnya Modal

Kesalahan trader pemula yang kerap kali dilakukan diantaranya adalah minimnya modal yang dimiliki. Untuk aktivitas trading pertama kali mungkin tidak membutuhkan banyak modal awalnya, tapi semakin sering trading, kebutuhan modal selalu bertambah. Hal ini sering luput dan tidak diantisipasi oleh investor pemula.

2. Overtrading

Tergiur untuk memiliki keuntungan dalam jumlah banyak, juga sering membuat trader pemula melakukan overtrading tanpa disadari. Padahal, apabila menyaksikan wajah pasar saham, kemungkinan modal milik Anda melayang itu jelas ada. Jadi, sebaiknya melakukan trading sewajarnya saja.

3. Melakukan Trading Tanpa Rencana dan Strategi

Kesalahan trader pemula selanjutnya adalah melakukan investasi tanpa adanya rencana dan strategi yang matang. Memulai investasi tanpa adanya rencana matang ibaratnya Anda menyia-nyiakan dana  tanpa mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, pikirkan dulu dengan matang sebelum melakukan trading.

4. Overleveraging

Menjadi salah satu kesalahan dan dapat membuat trader mengalami kerugian yang bisa menjatuhkan mental. Merupakan salah satu aktivitas investasi saham dengan menggunakan jumlah yang over. Biasanya mudah menjangkiti para trader yang ingin cepat kaya hanya dari trading saja tanpa memikirkan risikonya.

5. Minim Pengetahuan

Trading adalah aktivitas yang penuh risiko dan tantangan yang tidak terduga. Meskipun menjanjikan banyak keuntungan, aktivitas ini juga bisa mendatangkan kerugian yang besar apabila dilakukan tanpa arah dan ilmu yang mumpuni. Sebelum memutuskan menjadi trader, pastikan bahwa Anda telah mengetahui seluk beluk dunia investasi saham dengan bagus agar tidak mengalami banyak hal buruk.

Menjadi investor saham pemula memang wajar apabila melakukan kesalahan. Namun, kesalahan trader pemula tersebut dapat diminimalisir apabila tahu apa saja yang biasanya menyebabkan seorang trader terjebak dengan mimpinya dan akhirnya melakukan banyak salah tanpa disadari. Mempelajari berbagai kesalahan di atas diharapkan dapat menjadi bekal yang berharga sebelum terjun ke dunia trading yang keras.